Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/babybele/public_html/blog/wp-includes/cache.php on line 36

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/babybele/public_html/blog/wp-includes/query.php on line 21

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/babybele/public_html/blog/wp-includes/theme.php on line 508

Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/babybele/public_html/blog/wp-includes/cache.php:36) in /home/babybele/public_html/blog/wp-content/plugins/slidezoom/slidezoom.php on line 30

Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/babybele/public_html/blog/wp-includes/cache.php:36) in /home/babybele/public_html/blog/wp-content/plugins/slidezoom/slidezoom.php on line 30
BabyBelle’s Blog » Tips Membeli Kasur/Matras Ranjang Bayi

Tips Membeli Kasur/Matras Ranjang Bayi

February 23, 2009 | Baby Tips

Tips Seputar Ranjang Bayi

Mungkin merupakan sebuah hal yang lumrah bagi kita untuk menggunakan kembali ranjang bayi yang pernah dimiliki oleh salah seorang anggota keluarga kita, namun kami sangat menyarankan agar anda menghindari penggunaan ulang kasur/matras untuk ranjang bayi anda. Demikian pula halnya dengan seprai/bed cover.
 
Mengapa?

 

Tentunya pertimbangan pertama adalah faktor higienis, yaitu untuk menghindari terpaparnya si kecil pada kuman-kuman maupun zat-zat alergen (zat-zat yang dapat menimbulkan alergi) yang berpotensi mengganggu kesehatannya. Hal ini bukan berarti bahwa pemilik matras yang sebelumnya tersebut ‘penyakitan’, melainkan merupakan tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk tetap waspada dalam menjaga kesehatan si kecil yang belum tentu memiliki daya tahan tubuh sekuat yang kita harapkan.

Pertimbangan kedua adalah faktor kualitas, dimana kita tentunya tidak bisa berharap bahwa kasur/matras ranjang bayi yang akan digunakan ulang untuk bayi anda akan memiliki tingkat kelenturan dan kenyamanan yang sama dengan kasur/matras ranjang bayi yang baru.

Pertimbangan ketiga adalah faktor estetika, yang tentunya apabila anda tidak merasa terganggu dengan warna kasur/matras ranjang bayi yang sudah memudar, juga dengan bau-bauan tidak sedap yang mungkin saja tertinggal pada kasur/matras ranjang bayi tersebut, pertimbangan ketiga ini tentunya dapat anda abaikan.

 

Lalu bagaimanakah caranya untuk memilih kasur/matras dan seprai ranjang bayi yang berkualitas? Berikut ini adalah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan di dalam memilih kasur/matras yang berkualitas untuk ranjang bayi anda:

 

Ukuran matras/kasur harus sesuai dengan ukuran ranjang bayi.

Anda dapat melakukan tes cepat dengan menyelipkan jari anda pada pertemuan antara sisi kasur/matras dengan ranjang bayi. Hanya satu jari yang boleh untuk masuk ke selanya, dan lebih dari itu maka kasur/matras ranjang bayi tersebut dapat berbahaya bagi bayi anda.

 

Pastikan kasur/matras ranjang bayi tersebut memiliki ketebalan yang sesuai dengan standar.

Kasur/matras busa umumnya memiliki ketebalan sebesar 4-6 inci, sedangkan matras dengan per baja(coil) memiliki ketebalan sebesar 5-6 inci. Ketebalan matras sendiri tidak berdampak pada tingkat keamanan matras, namun ukuran seprai kasur/matraslah yang harus diperhatikan. Pastikan seprai (bedcover) ranjang bayi anda sesuai dengan ketebalan kasur/matras sehingga tidak bergelombang dan berisiko untuk terlepas dan menghalangi pernapasan bayi.

 

Ujilah kekenyalan (firmness) matras.

Semakin kenyal kasur/matras ranjang bayi, semakin baik untuk bayi anda. 
Apabila terlalu empuk, maka bayi akan mengalami kesulitan mengangkat kepala mereka. 
Sebelum memutuskan untuk membeli, bandingkanlah kekenyalan antara matras yang satu dengan yang lainnya dengan cara meremas-remas atau menekannya. Jika jari anda dengan mudah menekan kasur/matras, maka kasur/matras tersebut terlalu lunak. Jika anda harus menekan kasur/matras dengan agak keras, maka anda telah menemukan kasur/matras ranjang bayi yang tepat. 
Cara lain untuk menguji kualitas kasur/matras, khususnya kasur/matras dengan bahan busa (foam) adalah dengan memperhatikan berat dan kepadatannya. Kasur/matras yang lebih berat umumnya memiliki kualitas yang lebih baik.  
Cobalah untuk menekan/meremas matras dengan jari anda; matras yang berkualitas baik adalah matras yang lebih cepat untuk kembali kepada bentuk semula. 
Sekali lagi, jangan lupa untuk terlebih dahulu membandingkan antara matras yang satu dengan yang lainnya.

 

Matras busa dan matras dengan per baja (coil) sama amannya bagi bayi anda.

Kasur/matras manakah yang harus anda pilih? Jika anda memilih matras dengan per baja (coil) , pilihlah matras dengan per (coil) yang jumlah pernya antara 150-250, dimana standar ideal minimumnya adalah 150 coil). Kasur/matras dengan bahan busa biasanya memiliki harga yang lebih murah dari matras coil. Keunggulan lainnya dari kasur/matras busa adalah ia memiliki bobot yang lebih ringan sehingga lebih mudah untuk diganti seprai (bed cover)nya.

 

Pilihlah seprai (bed cover) matras yang berkualitas.

Carilah seprai (bed cover) ranjang bayi yang dilengkapi dengan lapisan anti-bakteri dan memiliki ventilasi untuk sirkulasi udara yang baik. Hindari cover matras yang terbuat bahan PVC (polyvinyl chloride) karena beracun dan berbahaya bagi kesehatan. 
Yang terbaik adalah seprai (bed cover) ranjang bayi yang terbuat dari bahan organik ( meskipun masih jarang ditemukan di Indonesia dan harganya mahal), atau minimal pastikan bahwa kualitas matras (kekenyalan) dan seprai (bed cover) ranjang bayi anda sudah memenuhi standar keamanan. 
Juga tidak ada salahnya untuk memilih menggunakanlah seprai (bed cover) ranjang bayi dengan corak ataupun gambar sesuai dengan selera anda.

 

 

Tips terakhir untuk diingat adalah: jangan lupa untuk terlebih dahulu mengangin-anginkan kasur/matras ranjang bayi yang baru saja anda beli untuk menghilangkan bau busa dan unsur kimia lainnya pada ranjang bayi anda.

Akhir kata, Pilihlah jenis kasur/matras ranjang bayi yang sesuai dengan budget anda, namun kami menyarankan agar anda mendapatkan yang terbaik dengan dana yang tersedia. Pastikanlah untuk berbelanja hanya di toko yang terpercaya dan teruji di dalam menyediakan kasur/matras dan seprai (bed cover) ranjang bayi yang berkualitas.

 

 

PS: Tahukah anda bahwa BabyBelle memberikan secara cuma-cuma kasur/matras ranjang bayi superfoam* yang berkualitas tinggi, dengan garansi 10 tahun?  

Bayangkan, garansi 10 tahun untuk sebuah kasur/matras ranjang bayi! 

Dan tentunya kami tidaklah main-main dengan jaminan yang kami berikan. Tidak hanya itu.  
BabyBelle juga memberikan secara GRATIS (!) tiang kelambu* untuk menyertai pembelian ranjang bayi anda.

Dapatkan segera ranjang bayi dengan superfoam bergaransi 10 tahun disini

 

*Untuk tipe-tipe tertentu. Lihat informasi produk selengkapnya >>

Enjoy this post? Get the latest update from BabyBelle. Subscribe now to our RSS feed.

Comments (1)

vina

April 20th, 2009 at 2:22 pm    


Di baby belle jual matrasnya saja kah? Krn utk baby crib sudah ada, hanya saja kasur/matrasnya belum ada.. Apakah bisa pesan sesuai ukuran crib? Thanx

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Recent Comments

    About

    BabyBelle: produsen furniture bayi yang aman, berkualitas tinggi dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.


    Share on Twitter